Sebuah Aplikasi Yang Bisa Menyelamatkan Dunia?


Suatu inovasi untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap beredarnya rumor palsu atau hoaks guna mengurangi kejadian misinformasi dan mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan akibat hoaks yang bertebaran.


cr: Alex Nabaum Illustration on pinterest


Apa itu Hoaks? Menurut wikipedia hoaks aua hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, namun dibuat seolah olah benar adanya. Hal ini sering terjadi dengan bertujuan membuat masyarakat merasa panik, tidak nyaman, dan ketakutan.


“Beware of false knowledge, it is more dangerous than ignorance ” - George Bernard Shaw

Seperti kutipan di atas yang berarti kita harus waspada terhadap berita palsu yang lebih berbahaya daripada ketidaktahuan.


Kenapa dan apa bahayanya? Menurut Komarudin Hidayat, hoaks itu tindakan kriminal di wilayah cyber. Ia juga menyatakan bahwa hoaks merupakan pembunuhan karakter yang dapat merugikan dan membahayakan masyarakat.


Terutama sejak masa pandemi covid berlangsung yang mana makin banyak hoaks bertebaran melalui sosial media. Hal ini tentu akan berdampak pada kalangan masyarakat yang hanya menelan berita itu mentah mentah tanpa mencari dari sumber lainnya. Tak heran bila minat literasi di Indonesia sangatlah rendah.


Sebagai contohnya pada beberapa waktu lalu heboh tentang berbagai bahan pengobatan alami seperti yang mampu menyembuhkan covid-19. Masyarakat begitu mudah percaya lalu berbondong bondong membuat pengobatan dari bawang merah bahkan tanpa didasari ilmu pasti. Masyarakat terutama orang yang agak berumur begitu mudah mengklaim kebenaran berita hoaks terutama yang disebarkan melalui media grup whatsapp.



cr : on pinterest


Untuk mencegah hal ini terus menerus terjadi, saya memiliki ide mengembangkan aplikasi atau website yang saya beri nama NO.AX.




Apa itu NO.AX?


Kata NO.AX berasal dari NO ho(AX) sementara titik di tengah bermakna mengakhiri berita hoax yang mana merupakan tujuan dari aplikasi ini dibentuk. Aplikasi ini nantinya akan memudahkan pengguna untuk memastikan atau memverifikasi kebenaran berita.


Cara kerja aplikasi ini adalah pengguna akan lebih dulu mengetik berita yang akan dipastikan kebenarannya melalui kolom jelajah. Setelah itu NO.AX akan segera memberikan referensi dari berbagai sumber serta memberikan highlight pada bagian bagian penting atau inti dari berita sehingga pengguna tidak perlu membaca dari awal hingga akhir,hal ini disesuaikan dengan literasi minat baca yang renda warga Indonesia. Jikalau berita tidak ada sumber lain yang terpercaya maka dipastikan kalau berita itu adalah palsu atau hoax.


Dengan begitu penyebaran berita palsu dapat dicegah atau bahkan dihentikan. Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi alternatif pencegahan penyebaran berita hoaks yang sering tersebar di kalangan masyarakat.